Rumus Phytagoras: Penemu dan Cara Pembuktiannya


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang teori phytagoras. Kalian tahu tidak, siapa penemu teori in? Dinamakan Phytagoras, karena teori ini ditemukan oleh Phytagoras, yaitu seorang ahli matematika dan filsafat berkebangsaan Yunani pada abad ke 6 SM (lama banget kan...hehehehe)

Dalam teori ini disebutkan bahwa dalam suatu segitiga siku-siku, panjang sisi miring kuadrat besarnya sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi siku-sikunya dan dinyatakan sebagai berikut :
c2 = a2 + b2
Lalu bagaimana membuktikan, bahwa c2 = a2 + b2?
Banyak cara untuk menguji rumus phytagoras ini, berikut salah satunya.

Kalian bisa mencermatinya dengan seksama, sehingga tidak hanya hafal tapi juga tahu dan faham. 
Perhatikan bangun datar disamping!!
Pada gambar disamping kalian bisa lihat ada 2 macam persegi, yaitu persegi yang besar dengan panjang sisinya (a+b) dan persegi yang kecil dengan panjang sisinya c. Ingat dan cermati ya bahwa daerah yang berwarna merah tersebut terbentuk dari empat segitiga siku-siku abc.

Langsung saja!!!

Kalau saya Tanya bagaimana cara menghitung luas persegi yang kecil? Tentu jawabnya adalah dengan cara menghitung luas persegi besar dikurangi luas daerah yang berwarna merah (Ingat lo, apaan daerah yang berwarna merah tersebut…….YA…4 buah segitiga siku-siku)
atau
Luas Persegi Kecil= Luas Persegi Besar – 4 x luas segitiga, SEHINGGA
c2=(a+b)2-4(½ ab), menjadi
c2=a2+2ab+b2-2ab, menjadi
c2=a2+b2Bener kan bahwa c2=a2+b2
Terbukti kan? Jadi matematika itu asyik kan, makanya mari belajar menyukai matematika.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »